Profil Singkat AGRO (Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk / BRI AGRO, Analisis Tugas Manajemen Umum)

Disusun Oleh
Muhammad Rizqi hidayatullah (34115773)

Sejarah singkat
britama.com, Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (Bank BRI AGRO) (dahulu Bank Agroniaga Tbk) (AGRO) didirikan tertanggal 27 September 1989 dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tahun 1990. Kantor pusat Bank BRI AGRO berlokasi di Plaza Great River, Jl. H.R. Rasuna Said Blok X2 No.1, Jakarta. Saat ini (30/06/2015), Bank BRI AGRO memiliki 1 Kantor Pusat Non Operasional, 15 Kantor Cabang dan 16 Kantor Cabang Pembantu.
Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (31/07/2015), antara lain: Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (Bank BRI) / BBRI (87,228%) dan Dana Pensiun Perkebunan (9,103%).
Bank AGRO diakuisisi oleh Bank BRI pada tahun 2011 dan kemudian ditahun 2012 nama Bank Agroniaga Tbk diganti menjadi Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (Bank BRI AGRO).
Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan AGRO adalah menjalankan kegiatan umum di bidang perbankan, dengan fokus utama di sektor agribisnis. Bank BRI AGRO memperoleh izin sebagai bank umum pada tanggal 11 Desember 1989 dan izin sebagai Bank Devisa 08 Mei 2006.

Pada tanggal 30 Juni 2003, AGRO memperoleh pernyataan efektif dari BAPEPAM-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham AGRO (IPO) kepada masyarakat melalui pasar modal. Kemudian pada 8 Agustus 2003 Perusahaan mencatatkan saham perdananya sebanyak 1.514.043.000 lembar saham di Bursa Efek Surabaya (BES) (sekarang Bursa Efek Indonesia / BEI).
Sejarah Pencatatan Saham
Jenis Pecatatan
Saham
Tgl Pencatatan
Pindahan dari BES
2.325.570.000
03-Des-2007
Penambahan Saham Tanpa HMETD
63.360.000
25-Mar-2009
Penawaran Umum Terbatas (Rights Issue III)
995.093.274
09-Des-2009
Konversi Waran I (2010 s/d 2011)
199.890.250

3.792.359.841
12-Jul-2013
3.988.645.176
15-Jul-2015
Catatan: Right Issue I (305.867.338 lembar) dan II (513.857.128) dilakukan pada saat tercatat di BES.
Catatan: Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.29 tahun 1999 tentang Pembelian Saham Bank Umum Pasal 4 Ayat 2 dan 3, yang antara lain menetapkan bahwa saham bank hanya boleh tercatat di Bursa Efek sebanyak-banyaknya 99%.
Dewan Komisaris dan Direksi
Nama
Jabatan
Bambang Soepeno
Komisaris Utama & Komisaris Independen
Roswita Nilakurnia
Komisaris
Zainuddin Mappa
Komisaris
Achmad Fachmi
Komisaris Independen

Heru Sukanto
Direktur Utama (Independen)
Zuhri Anwar
Direktur
Sahala Manalu
Direktur
Mustari Damopoli
Direktur Independen
Sudarmin Sjamsoe
Direktur Independen

Manajemen
  • Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen:Indra Kesuma
  • Komisaris:Roswita Nilakurnia
  • Komisaris:Susy Liestiowaty
  • Komisaris Independen:Moch Sjafaat Ismail
  • Direktur Utama:Heru Sukanto
  • Direktur:Mustari Damopolii
  • Direktur:Zuhri Anwar
  • Direktur:Sahala Manalu
  • Direktur:Sudarmin Sjamsoe

Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
Perusahaan mengembangkan sosstem informasi manajemen berupa human resource information system (i-SDm yang berbasis tekhnologi. Melalui sistem ini dikelola data secara akurat dan valid serta dikembangkan sistem informasi yang lebih terintegrasi sebagai acuan dalam menyusun kebijakan terkait bidang SDM.

Pada Maret 2011, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengambil alih pengendalian BRI AGRO dengan membeli saham mayoritas atau 88% saham milik Dana Pensiun Perkebunan. Selanjutnya pada tahun 2012, Perseroan mengubah nama dari PT Bank Agroniaga Tbk menjadi PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI AGRO). Perseroan, selaku bank yang fokus pada layanan pembiayaan agrobisnis, menyalurkan kredit sekitar 65% ke sektor agribisnis terutama kredit usaha kecil menengah. Kredit ini disalurkan untuk kebutuhan on farm seperti usaha perkebunan kelapa sawit terutama petani plasma, perkebunan tebu, teh maupun peternakan sapi dan keperluan off farm seperti pengembangan pabrik pengolahan kelapa sawit (PKS), pembiayaan perdagangan gula, hingga pembiayaan ekspor minyak sawit (CPO), teh, impor sapi dan lain-lain. Perseroan memiliki 20 kantor jaringan pelayanan yang tersebar di sentra-sentra agrobisnis di berbagai kota besar di Indonesia dan didukung oleh 426 karyawan. Sebagai bank agrobisnis yang sedang tumbuh , Perseroan berkomitmen untuk membangun reputasi atas dasar pelayanan prima dengan produk keuangan inovatif yang ditujukan kepada nasabahnya. Selain itu Perseroan juga terus berupaya meningkatkan kualitas kinerja dengan cara melakukan restrukturisasi pada aspek manajemen, karyawan, organisasi, sistem, budaya perusahaan, serta identitas perusahaan. Pada akhirnya upaya ini akan mendukung komitmen Perseroan terhadap perrtumbuhan yang berbasis tata kelola perusahaan yang baik. Product & Services: Pengumpulan Dana - Funding Rekening Giro - Current Account Tabungan - Saving Deposito on Call (DOC) Deposito Berjangka - Time Deposits Penyaluran Dana - Lending Kredit Modal Kerja (KMK) - Working Capital Kredit Investasi (KI) - Investment Credit Kredit Program - Program Credit KKPA KKP Inti-Plasma Kredit Usaha Kecil (KUK) - Small Enterprise Credit Kredit Program Karyawan - Employee Program Credit Kredit Multiguna - Multifuncional Credit Jasa-Jasa Perbankan - Banking Services Bank Garansi - Bank Guarantee Local L/C (SKBDN) Safe Deposit Box Pembayaran Layanan Umum Transfer Transaksi Valuta Asing
Job Descriptions:

  • Diutamakan Laki-laki;
  • Belum Menikah;
  • Berpenampilan Menarik;
  • Tinggi badan minimal 170 cm;
  • Pendidikan S-1: Jurusan Pertanian, Peternakan, Teknologi Pertanian, Ekonomi, Manajemen : Akuntansi/Pebankan/Bisnis, Hukum (Perdata);
  • IPK S-1 minimal 2,75 untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau minimal 3,00 untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan skala 4,00;
  • Usia Maksimal 25 tahun (untuk lulusan S1 dan Fresh Graduate) atau maksimal 27 tahun (untuk lulusan S2) atau yang sudah berpengalaman kerja di bidang perbankan minimal 2 (dua) tahun;
  • Memiliki kemampuan analisis, interpersonal dan komunikasi yang baik;
  • Dapat bekerja sama di dalam tim ataupun bekerja sendiri;
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Dapat menggunakan komputer dengan baik (Microsoft Office dan Microsoft Excel);
  • Menguasai Bahasa Inggris secara lisan dan tertulis dengan baik;
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Kantor PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk.
Tanggal Buka Lowongan : 20 April 2015 (More Than 2 Weeks)
Gaji : Bisa hubungi PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. - Jl. H. R. Rasuna Said, South Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia Plaza Great River International Lt. Dasar
Pengalaman :
Industri : Banking / Financial Services

Analisis : 
Terjadinya krisis keuangan Asia pada tahun 1997, menyeret Indonesia memasuki krisis multi-dimensional yang terburuk sepanjang sejarah. Namun BANK AGRO berhasil mempertahankan eksistensinya tanpa dukungan rekapitalisasi dari pemerintah. Keberhasilan ini disebabkan adanya penerapan pengelolaan perbankan yang senantiasa memegang teguh prinsip kehati-hatian, patuh dan taat pada landasan operasional, yang bersandar pada prinsip tata kelola perusahaan yang baik, termasuk nilai-nilai utama yang dianut, serta memberdayakan sumber dana dan sumber daya guna pengembangan secara dinamis bagi keberhasilan usaha BANK AGRO.

Keberhasilan BANK AGRO juga tidak terlepas dari komitmen yang telah benar-benar ditunjukkan oleh Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) sebagai Pemegang Saham Pengendali, dengan terus ditingkatkannya permodalan BANK AGRO serta penyaluran dana yang terfokus dan selektif pada sektor agrobisnis, seperti kredit kepada PT Perkebunan Nusantara berikut kelompok usaha pendukungnya (rekanan dan kontraktor) maupun penyaluran dana untuk kesejahteraan para petani melalui KKPA dan KKP yang telah direkomendasi oleh PT Perkebunan Nusantara terkait.

Sumber :
http://www.briagro.co.id/aboutus/history
http://infolowonganindo.com/55847-officer-development-program-odp-pt-bank-rakyat-indonesia-agroniaga-tbk/

Komentar

Postingan Populer